Cara Memulai Usaha yang Baik Dan Mencari Hari Yang Baik – Bagi beberapa orang, memulai usaha sendiri terkadang memang sulit untuk dilakukan. Kebanyakan orang menghadapi kesulitan jika terlalu banyak memikirkan tanpa adanya solusi yang konkrit.

Bagi beberapa orang, memulai usaha sendiri terkadang memang sulit untuk dilakukan. Kebanyakan orang menghadapi kesulitan jika terlalu banyak memikirkan tanpa adanya solusi yang konkrit.

Berikut adalah beberapa cara memulai usaha yang baik menurut ajaran agama Islam:

1. Meluruskan Niat yang Baik

Perlu diingat bahwa segala aktivitas yang kita lakukan tujuannya untuk ibadah dan mencapai keridhaan Allah. Begitupun dalam berwirausaha, harus meluruskan niat yang baik agar hasilnya baik pula.

Bahkan menurut salah satu potongan Hadits potongan yang menyatakan innamal ‘amalu biniyyat yang artinya sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya.

Jadi, jangan lupa untuk luruskan lagi niat baiknya untuk menjemput rezeki yang halalan thayyiban.

2. Membulatkan Tekad yang Kuat

Tekad yang kuat merupakan salah satu sifat yang paling penting untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Dalam berwirausaha perlu membulatkan tekad yang kuat untuk bisa memulai dan bergerak.

Jika memiliki tekad yang kuat, maka akan mampu menghadapi segala rintangan. Ketika mengalami kegagalan, maka segera bangkit.

Jika melakukan kesalahan, maka segera memperbaikinya demi hasil yang baik baik.

3. Dalam Bidang yang Halal

Perlu mengetahui terlebih dahulu tentang halal haramnya suatu produk atau jasa yang akan dijual. Pastikan bidang usaha memenuhi syariat Islam.

Menjual barang cacat atau rusak hukumnya haram dan tidak diperbolehkan dalam islam. Secara tidak langsung jual beli tersebut termasuk penipuan.

Tidak hanya itu, seperti dalam menimbang barang tidak sesuai takarannya juga termasuk unsur penipuan.

4. Mengajak atau Mencari Partner Usaha dengan Visi yang Sama

Dalam berwirausaha perlu mengajak atau mencari partner usaha dengan visi yang sama. Mengapa demikian? Karena untuk mencapai kesuksesan dalam berwirausaha.

Tugas kali ini adalah mencari partner tepat. Partner yang dapat membangun usaha dengan jujur, ulet, dan tentunya menerapkan nilai-nilai keislaman.

Ingat, visi berwirausaha itu untuk ibadah. Ya, bersama partner perlu membangun usaha dengan tujuan yang baik untuk dunia maupun akhirat.

5. Menentukan Strategi yang Tepat dan Halal

Mendapatkan keuntungan merupakan buah hasil dari berwirausaha. Tapi, strategi usaha sudah tepat dan halal belum? Lakukan strategi usaha yang halal sesuai dengan syariat Islam.

Hindari strategi usaha yang menyimpang dari islam, seperti menghalalkan segala cara. Karena islam mengatur semua kegiatan manusia termasuk dalam melakukan usaha.

Islam memberikan batasan apa saja yang boleh dilakukan dan apa saja yang tidak diperbolehkan. Maka dari itu, jika mengaku beragama Islam hendaknya melakukan berwirausaha dengan berlandaskan syariat Agama Islam.

Itulah penjelasan mengenai usaha dalam islam yang bisa kamu terapkan. Perhatikan kembali alasan Anda untuk berwirausaha untuk apa.

Ketahui dengan baik pula jenis-jenis usaha yang dianjurkan dalam islam. Begitu pun dengan cara  yang dilakukan, pastikan harus halal dan bisa membawa berkah untuk kehidupan dunia dan akhirat.

 

 49 total views,  2 views today